Minggu, 06 Oktober 2019

Efektivitas Penerapan E-Learning Model Edmodo dalam Pembelajaran PAI Terhadap ahasil Belajar Siswa

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didiik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan tang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (UU Nomor 20 tahun 2003).
Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari pelaksanaan kurikulum. Baik buruknya mutu pendidikan atau mutu lulusan dipengaruhi oleh mutu kegiatan belajar mengajar. Jika mutu lulusannya baik, dapt diprediksi bahwa mutu kegiatan belajar mengajarnya juga baik. Sebaliknya, jika mutu kegiatan belajar mengajarnya tidak baik, maka mutu lulusannya juga tidak akan baik (Depdiknas, 2004: 1).
Perkembangan teknologi informasi sangat cepat dan menawarkan banyak kemudahan bagi manusia dalam memperoleh informasi. Salah satu manfaat teknologi internet dalam bidang pendidikan adalah sebagai sarana pembelajaran. Teknologi dalam bidang pembelajaran ini dikenal dengan sebutan e-learning. E-learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran.
dapat disimpulkan bahwa edomodo adalah platfrom media sosial bagi guru dan siswa atau dosen dan mahasiswa  yang berfungsi untuk berbagai ide file agenda kegiatan dan penugasan yang dapat menciptakan interkasi antara guru dan siswa, sehingga edmodo memungkinkan bisa diterapkan sebagai media pembelajaran.

A.    Konsep pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu sistem yang terdiri atas komponen input, proses, output dan outcome ( Suwarna, 2006:34). Komponen input sistem pembelajaran dapat berupa siswa, materi, metode, alat, media pembelajaran, dan perangkat-perangkat pembelajaran yang lain. Output merupakan cerminan langsung maupun tidak langsung dari proses pembelajaran yang berlangsung. Outcome dalam sistem pembelajaran merupakan dampak dihasilkannya output. Jadi outcome merupakan ukuran kebermaknaan output.
B.     Pengertian E-Learning
E-Learning adalah pembelajaran yang menggunakan TIK untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pendidik dan peserta didik. Tujuan utama penggunaan teknologi ini adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas pembelajaran.
Dari uraian tersebut jelas bahwa E-Learning menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat; dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas, dan kenyamanan belajar; dengan obyeknya adalah layanan pembelajaran yang lebih baik, menarik, interaktif, dan atraktif.
C.    Tentang Edmodo
Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru dan siswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa.
D.    Pola pembelajaran pendidikan agama islam
Pendidikan Agama Islam (PAI) diartikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan Agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan antara umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.
Agar proses Pendidikan al-Islam memiliki standar dan arah yang lebih jelas, perlu dirumuskan Standar Kompetensi (SK), yakni kompetensi minimal yang harus dicapai sebagai acuan dalam penyelenggaran proses pembelajaran. SK dikembangkan dalam Kompetensi Dasar (KD) dan indikator, materi serta metode pembelajaran maupun sumber belajar sebagai pedoman operasional dalam pembelajaran.
Ruang Lingkup Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, merupakan upaya sadar, terencana dan sistematis dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, dan menghayati agama Islam dan Muhammadiyah agar beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dan cara hidup.
Penggunaan Media Edmodo Sebagai Kegiatan Penunjang Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMK Negeri 1 Majalengka 2013,  oleh Anwar Mufidin Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Penggunaan media edmodo sebagai kegiatan penunjang pembelajaran sangat efektiv digunakan pada proses pembelajaran dasar kompetensi kejuruan dilihat dari respon hasil belajar siswa.Adapun kendala yang dapat menghambat dalam penerapan metode active learning adalah kuatnya pengaruh pola pembelajaran kurikulum lama terhadap peserta didik, penyediaan alokasi waktu yang relatif kurang, masih ada beberapa siswa yang membuat keributan saat kegiatan pembelajaran berlangsung, kecepatan siswa dalam menerima pelajaran tidak sama.


x

0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter