Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didiik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan tang di perlukan dirinya,
masyarakat, bangsa, dan negara (UU Nomor 20 tahun 2003).
Kegiatan
belajar mengajar merupakan inti dari pelaksanaan kurikulum. Baik buruknya mutu
pendidikan atau mutu lulusan dipengaruhi oleh mutu kegiatan belajar mengajar.
Jika mutu lulusannya baik, dapt diprediksi bahwa mutu kegiatan belajar
mengajarnya juga baik. Sebaliknya, jika mutu kegiatan belajar mengajarnya tidak
baik, maka mutu lulusannya juga tidak akan baik (Depdiknas, 2004: 1).
Perkembangan
teknologi informasi sangat cepat dan menawarkan banyak kemudahan bagi manusia
dalam memperoleh informasi. Salah satu manfaat teknologi internet dalam bidang
pendidikan adalah sebagai sarana pembelajaran. Teknologi dalam bidang
pembelajaran ini dikenal dengan sebutan e-learning. E-learning merupakan sebuah
inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses
pembelajaran.
dapat
disimpulkan bahwa edomodo adalah platfrom media sosial bagi guru dan siswa atau
dosen dan mahasiswa yang berfungsi untuk
berbagai ide file agenda kegiatan dan penugasan yang dapat menciptakan
interkasi antara guru dan siswa, sehingga edmodo memungkinkan bisa diterapkan
sebagai media pembelajaran.
A.
Konsep pembelajaran
Pembelajaran
adalah suatu sistem yang terdiri atas komponen input, proses, output dan
outcome ( Suwarna, 2006:34). Komponen input sistem pembelajaran dapat berupa
siswa, materi, metode, alat, media pembelajaran, dan perangkat-perangkat
pembelajaran yang lain. Output merupakan cerminan langsung maupun tidak
langsung dari proses pembelajaran yang berlangsung. Outcome dalam sistem
pembelajaran merupakan dampak dihasilkannya output. Jadi outcome merupakan
ukuran kebermaknaan output.
B.
Pengertian E-Learning
E-Learning
adalah pembelajaran yang menggunakan TIK untuk mentransformasikan proses
pembelajaran antara pendidik dan peserta didik. Tujuan utama penggunaan
teknologi ini adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas, transparansi, dan
akuntabilitas pembelajaran.
Dari uraian
tersebut jelas bahwa E-Learning menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
sebagai alat; dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi,
akuntabilitas, dan kenyamanan belajar; dengan obyeknya adalah layanan
pembelajaran yang lebih baik, menarik, interaktif, dan atraktif.
C.
Tentang Edmodo
Edmodo
dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang
lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas
online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana
penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau
perilaku.
Edmodo
menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru dan siswa
tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru
juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa dapat
mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar
guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat
membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa.
D.
Pola pembelajaran pendidikan agama islam
Pendidikan
Agama Islam (PAI) diartikan sebagai usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik
dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan Agama Islam melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran, dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk
menghormati agama lain dalam hubungan antara umat beragama dalam masyarakat
untuk mewujudkan persatuan nasional.
Agar proses
Pendidikan al-Islam memiliki standar dan arah yang lebih jelas, perlu
dirumuskan Standar Kompetensi (SK), yakni kompetensi minimal yang harus dicapai
sebagai acuan dalam penyelenggaran proses pembelajaran. SK dikembangkan dalam
Kompetensi Dasar (KD) dan indikator, materi serta metode pembelajaran maupun sumber
belajar sebagai pedoman operasional dalam pembelajaran.
Ruang Lingkup
Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, merupakan upaya sadar, terencana dan
sistematis dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, dan
menghayati agama Islam dan Muhammadiyah agar beriman, bertakwa dan berakhlak
mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dan cara hidup.
Penggunaan
Media Edmodo Sebagai Kegiatan Penunjang Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan
di SMK Negeri 1 Majalengka 2013, oleh
Anwar Mufidin Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Penggunaan media
edmodo sebagai kegiatan penunjang pembelajaran sangat efektiv digunakan pada
proses pembelajaran dasar kompetensi kejuruan dilihat dari respon hasil belajar
siswa.Adapun kendala
yang dapat menghambat dalam penerapan metode active learning adalah kuatnya
pengaruh pola pembelajaran kurikulum lama terhadap peserta didik, penyediaan
alokasi waktu yang relatif kurang, masih ada beberapa siswa yang membuat
keributan saat kegiatan pembelajaran berlangsung, kecepatan siswa dalam
menerima pelajaran tidak sama.
x
0 komentar:
Posting Komentar