Minggu, 29 September 2019

pengembangan media pembelajaran lingkungan melalui model Assure

pengembangan media pembelajaran PAI berbasis lingkungan melalui mudel Assure
pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, islam sebagai rahmatan lilalamin memberikan perhatian yang serius teehadap perkembangan pendidikan bagi ke langsungan hidup manusia. di dalam pendidikan guru memegang peran penting dalam kegiatan belajar mengajar, melatih, mendidik, agar adanya suatu perubahan tingkah laku pada seseorang yang mungkin di sebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan , sikap.
media berarti mengantarkan pesan dari pengirim dari penerima pesan, media dapat di punalisasi di lihat, di dengar, di baca, atau di bicarakan, beserta instrumen yang di pergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar.
dalam proses pembelajaran media berfungsi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar, yakni berupa sarana yang dapat memberi pengalaman fisual kepada peserta didik dalam rangka memutifasi belajar, memperjelas, dan mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi yang lebih sederhana, kongkrit, serta mudah di pahami. media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat di gunakan untuk rujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran,majalah dan sebagainya.
peran guru PAI dalam pengelolaan media pembelajaran, media pembelajaran dapqt di jadikan stimulua untuk meningkatkan kemauan peserta didik agar tercapai tujuan yang di inginkannya.
penggunaan media sangat di anjurkan bagi peserta didik yang belum dapat menerima pesan yang di sampaikan guru, oleh karena itu salah satu prinsip penggunaan media pembelajaran adalah peserta didik harus di persiapkan dan di perlakukan sebagai peserta yang aktif serta ikut bertanggung jawab dalam seluruh aktifitas kegiatan pembelajaran, supaya mampu menggugah mutivasi dalam minat belajar.
pengembangan media belajar mengajar  PAI berbasis lingkungan melalui model Assure. lingkungan sebagai media pendidikan merupakan faktor belajar yang penting. lingkungan meliputi, msyarkat di sekililing sekolah, lingkungan fisik di sekitar sekolah, bahan-bahan tersisa atau tidak di pakai.
pembelajaran berbasis lingkungan adalah suatu pembelajaran yang menggunakan objek belajar sebagai pengalaman nyata, mengamati secara langsung, memperoleh data-data secara akurat, dan dapat belajar secara mandiri ataupun berklompok. lingkungan dapat di jadikan media pembelajaran yaitu lingkungan sosial, sosial alam, dan lingkungan buatan.
dalam peraktiknya pengembangan media pembajaran PAI dapat di lakukan menggunakan model Assure  yang di kenalkan oleh sharon E smaldino.
model Assure adalah salah satu petunjuk dan perancanaan yang bisa membantu guru dalam merencanakan, menentukan tujuan, megidentifikasi, menentukan tujua, memilih metode, bahan dan media serta inovasi.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter