Minggu, 29 September 2019

Inovasi Pembelajaran PAI di Sekolah
Pada Era Disruptive Innovation



A. Pengertian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen-komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Komponen yang dimaksud adalah berupa tujuan, materi, metode dan evaluasi.
Kegiatan pembelajaran bertumpu pada 2 (dua) proses utama:  pertama, bagaimana orang melakukan perubahan tingkah laku melalui kegiatan belajar. Kedua, bagaimana orang melakukan penyampaian ilmu pengetahuan melalui pembelajaran.
Sedangkan yang dimaksud dengan pembelajaran pendidikan agama Islam adalah suatu interaksi yang dilakukan pendidik dan peserta didik yang kemudian dapat meningkatkan potensi spiritual serta membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.
B. Tantangan dan Inovasi Pembelajaran PAI Di Era Disrupsi
Dunia saat ini memasuki era revolusi industri 4.0, yang ditandai dengan masifnya perkembangan pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan yang paling mengagetkan adalah fenomena disruptive innovation
Discruptive innovation menghadirkan banyak sekali inovasi, akan tetapi hal ini sangat potensial menghancurkan sistem yang sudah berjalan. Sebagai contoh sederhana korban lahirnya disruptive innovation ini, sudah banyak toko retail yang mulai gulung tikar karena hadirnya e-commorce, taksi konvensional yang kehilangan sebagian besar pendapatannya karena hadirnya layanan transportasi online.
Dalam dunia pendidikan, contoh fenomena discruptive innovation diantaranya:
1.      Siswa lebih menyenangi informasi yang berbasis visual (you tube, games online) dari pada melalui narasi dan teks-teks yang berbentuk buku cetak atau mendengar ceramah guru.
2.      Siswa dengan mudah mendapatkan informasi tanpa harus pergi ke perpustakan konvensional.
3.      Siswa lebih nyaman untuk belajar secara kolaboratif (di dalam praktik nyata ataupun secara peer to peer melalui social learning platfrom).
Melihat fenomena-fenomena di atas, Hadirnya teknologi informasi justru membuat pembelajaran PAI terkesan tertinggal dengan mata pelajaran dan disiplin ilmu lain. Upaya yang harus dilakukan untuk mengoptimalasi pembelajaran PAI di sekolah/madrasah dalam menghadapi era discruptive innovation. Diantaranya:
a.    Perubahan orientasi pembelajaran, perubahan paradigma pembelajaran PAI yang bukan hanya terbatas pada orientasi kognitif semata, tapi juga ranah psikomotor, afeksi dan yang paling mendesak saat ini adalah aspek sikap dan prilaku keberagamaan..
b.    Pengembangan alternatif pembelajaran PAI, Pembelajaran PAI di sekolah/madrasah harus dikembangkan dan diinovasi sedemikian rupa, sehingga pembelajaran PAI menjadi up to date dan menarik minat para siswa.









0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter