Senin, 07 Oktober 2019

Kelompok 3 kelas B

PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI
Pembelajaran  merupakan  suatu  kegiatan  yang  melibatkan  seseorang  dalam  upaya mempeoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber  belajar. Pembelajaran  dapat  melibatkan  dua  pihak,  yaitu  siswa  sebagai  subyek maupun obyek pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Oleh karena itu, guru harus dapat memanfaatkan  berbagai  sumber  atau  alat  belajar,  agar  bisa  lebih  baik  untuk  memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran.
Media merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Melalui media, proses pembelajaran bisa lebih menarik dan menyenangkan, misalnya siswa yang memiliki ketertarikan terhadap warna dapat diberikan media dengan warna yang menarik, begitu juga dengan  media-media  yang  lainnya. Aspek penting lainnya, penggunaan  media  dapat  membantu  memperjelas  pesan  pembelajaran. Karena  informasi yang disampaikan secara lisan terkadang tidak dapat dipahami oleh siswa, terlebih apabila guru  kurang  cakap  dalam  menjelaskan  materi.  Maka  di  sinilah  peran  media  sebagai  alat bantu  sangat  memperjelas  pesan  pembelajaran. Sehingga  siswa  akan  lebih  tertarik  untuk belajar.
Pendidikan  merupakan  masalah  yang  sangat  penting dan  aktual  sepanjang  zaman, sebab dengan pendidikan orang menjadi maju. Di samping itu pendidikan merupakan salah satu wahana dan sarana untuk membangun dan mencerdaskan suatu bangsa, sehingga bangsa tersebut  mampu  menyesuaikan diri dalam menghadapi kemajuan saat ini. Dengan  adanya perkembangan  dan  kemajuan  teknologi  serta  ilmu  pengetahuan,  maka  orang  akan  mampu mengelolah  alam  serta  isinya  yang  telah  dikaruniakan  oleh  Allah  SWT. Hal  ini  akan membawa pwngaru yang cukup besar terhadap perubahan sosial yang menyangkut berbagai bidang  kehidupan  yang  sangat  luas,  tidak  hanya  perubahan  pada  tuntunan  dan  kebutuhan hidup,  ekonomi  dan  komunikasi  tetapi  juga  dalam  bidang  sosial  budaya  khususnya  dalam bidang pendidikan.
Sebenarnya  upaya  dalam  rangka  meningkatkan  kualitas dan  mutu  pendidikan  adalah menjadi tugas dan tanggung jawab semua tenaga pendidik. Sungguh pun demikian kita akansependapat, bahwa peranan guru sangat menentukan, sebab gurulah yang langsung membina para  siswa  di  sekolah  melalui  proses  pembelajaran.  Oleh  sebab  itu,  upaya  meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan harus banyak dilakukan oleh guru dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar. Media  telah  menunjukkan  keunggulannya  membantu  para  guru  dan  staff  pengajaran dalam  penyampaian  peran  pembelajaran  serta  lebih  cepat  dan  lebih  mudah  ditangkap  oleh siswa. Media memiliki kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu mengubah sikap dan tingkah  laku  mereka  ke  arah  perubahan  yang  kreatif  dan  dinamis.  Peranan  media  sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di mana dalam perkembangannya saat ini media bukan lagi dipandang sebagai sekedar alat bantu tetapi merupakan bagian yang integral dalam sistem pendidikan dan pembelajaran.
Guru  dan  media  pendidikan  hendaknya  bahu-membahu  dalam  memberi kemudahan  belajar  bagi  peserta  didik.  Perhatian  dan  bimbingan  secara  individual  dapat dilaksanakan  oleh  guru dengan  baik  sementara  informasi  dapat  pula  disajikan  secara  jelas, menarik dan teliti oleh media pendidikan.Diharapkan  bagi  pendidik  agar  bisa  memilih  media  yang  baik,  yang  sesuai  dengan keadaan siswa dan materi pelajaran demi mencapai tujuan pembelajaran, karena kemampuan guru dalam memilih media pendidikan sangat menentukan kualitas proses belajar mengajar yang  dikelolahnya.  Salah  satu  kriteria  yang  sebaiknya  digunakan  dalam  pemilihan  media adalah  dukungan  terhadap  isi  bahan  pelajaran  dan  kemudahan  memperolehnya. Apabila media yang sesuai belum tersedia maka guru berupaya untuk mengembangkannya sendiri.
Media  pendidikan  membantu  segala  sesuatu  yang  dapat  digunakan  guru  untuk mencapai  tujuan.  Secara  metodologis media  pendidikan  bertujuan:  (1)Membantu memperjelas pokok bahasan yang disampaikan guru (2) Membantu memotivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran (3)Membantu para guru mengatasi ruang tempat dan waktu (4) Memberi pengalaman nyata kepada peserta didik.
Penggunaan  media  pembelajaran  dalam  proses  belajar  juga  dapat  membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam kegiatan belajar mengajar. Karena  dalam  kegiatan  tersebut  ketidakjelasan  bahan  yang  disampaikan  dapat  dibantu dengan  menghadirkan  media  sebagai  perantara.  Kerumitan  bahan  yang  akan disampaikan kepada  peserta  didik  dapat  disederhanakan  dengan  bantuan  media. Media  dapat  mewakili apa  yang  kurang  mampu  guru  ucapkan  melalui  kata-kata  atau  kalimat  tersebut.  Bahkan keabstrakan  bahan dapat  dikonkretkan  dengan  kehadiran  media.  Dengan  demikian  peserta didik mudah mencerna bahan dari pada tanpa bantuan media.
Dilihat  dari  jenisnya  media  dibagi  ke  dalam  media  auditif,  visual,  dan  audio  visual. Media auditif adalah media yang banyak mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio, cassette  recorder,  piringan  hitam,  dan  lain-lain.  Media  visual  adalah  media  yang  hanya mengandalkan  indera  penglihatan,  seperti  film  strip,  slide,  film  bisu,  foto/  gambar,  grafik, globe/ peta, chart/ bagan, diagram, OHP, dan lain-lain. Sedangkan media audio visual adalah media  yang mempunyai  unsur  suara  dan  gambar.  Jenis  media  ini  mempunyai  kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan ke dua.
Untuk tercapainya  tujuan pengajaran tidak harus dilihat dari mahalnya suatu media, karena media sederhana juga bisa mencapainya asalkan guru pandai memanfaatkannya. Guru yang  pandai  memanfaatkan  media  adalah  guru  yang  bisa  memanipulasi  media  sebagai sumber  belajar  dan  sebagai  penyalur  informasi  dari  bahan  yang  disampaikan  kepada  anak didik  dari  proses  belajar  mengajar.  Jadi  dari  sini  dapat  difahami  bahwasannya,  kehadiran media  dalam  proses  pengajaran  tidak  boleh  dipaksakan  sehingga  mempersulit  tugas  guru, tetapi  harus  sebaliknya,  yakni  mempermudah  guru  dalam  menjelaskan  bahan  pengajaran. Karena itu, media bukan keharusan, tetapi sebagai pelengkap jika dipandang penting untuk mempertinggi kualitas belajar mengajar.
Media Pembelajaran
Kata  media  berasal  dari  kata  Latin  "Medius"  yang  berarti  "tengah".  Secara  umum, media  adalah  semua  bentuk  perantara  untuk  menyebar,  membawa  atau  menyampaikan sesuatu pesan dan gagasan kepada penerima. Secara luas, media pembelajaran dapat diartikan sebagai berikut:Setiap orang, bahan, alat  atau  kejadian  yang  memantapkan  kondisi  memungkinkan  siswa  memperoleh pengetahuian ketrampilan dan sikap. Dalam pengertian ini, guru, buku teks dan lingkungan sekolah adalah merupakan media.
Pentingnya Media dalam Pembelajaran
Penggunaan  media  dalam  pembelajaran  bertitik  tolak  dari  teori  yang  mengatakan, bahwa  totalitas  persentase  banyaknya  ilmu  pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap  yang dimiliki  oleh  seseorang  terbanyak  dan  tertinggi  adalah  melalui  indera  penglihatan  serta melalui pengalaman langsung, sedangkan selebihnya melalui indera pendengaran dan indera lainnya.
Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat atau kelebihan media pembelajaran antara lain:
1. Menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata) menjadi konkret.
2. Memberikan  pengalaman  nyata  dan  langsung  karena  siswa  dapat  berkomunikasi  dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya.
3. Mempelajari materi pembelajaran secara berulang-ulang.
4. Memungkinkan  adannya  persamaan  pendapat  dan  persepsi  yang  benar  terhadap  suatu materi pembelajaran atau obyek.
Media Pembelajaran Visual
Menurut  Gearlah  bahwa  media  apabila  difahami  secara  umum  media  itu  meliputi orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.Pembelajaran  adalah  proses  interaksi  antara  peserta  didik  dengan  lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.
Media  pembelajaran  visual  memegang  peranan  yang  sangat  urgen  dalam  kegiatan pembelajaran  karena  media  pembelajaran  visual  dapat  memperlancar  pemahaman  dan memperkuat  ingatan,  visual  dapat  pula  menumbuhkan  motivasi  siswa  serta  dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual  sebaiknya  ditempatkan  pada  konteks  yang  bermakna  dan  siswa  harus  berinteraksi dengan visual itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi.
Fungsi Media Pembelajaran Visual
Levie dan Lentz (1982) dalam bukunya Azhar Arsyad mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran  visual,  yaitu  Fungsi  atensi,  Fungsi  afektif,  Fungsi  kognitif,  dan  Fungsi kompensatoris. Fungsi Atensi  merupakan inti yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi  kepada  isi  pelajaran  yang  berkaitan  dengan  makna  visual  yang  ditampilkan atau menyertai teks materi pengajaranFungsi  Afektif,  media  visual  dapat  terlihat  dari  tingkat  kenikmatan  siswa  ketika belajar  (membaca)  teks  yang  bergambar.  Gambar  atau  lambang  visual  dapat  menggugah emosi dan sikap siswa. Fungsi  Kognitif,  media  visual  terlihat  dari  temuan-temuan  penelitian  yang mengungkapkan  bahwa  lambang  visual  dapat  memperlancar  pencapaian  tujuan  untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar. Fungsi Kompensatoris,  mediapembelajaran visual terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Kedudukan media pembelajaran ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu  upaya  untuk  mempertinggi  proses  interaksi  guru  siswa  dan  interaksi  siswa  dengan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu, fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat  bantu  mengajar,  yakni  menunjang  penggunaan  metode  mengajar  yang  dipergunakan guru.  Melalui  media  pembelajaran  diharapkan  dapat  mempertinggi  kualitas  proses  belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa.
Manfaat Media Pembelajaran Visual
Media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Ada beberapa alasan,  mengapa  media  pembelajaran  dapat  mempertinggi  proses  belajar  siswa.  Salah  satu alasan tersebut berkenaan dengan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar siswa, antara lain:
1. Proses pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
2. Bahan pengajaran akan lebih mudah difahami oleh siswa
3. Metode  pembelajaran  akan  lebih  bervariasi.  Dengan  media  proses  pembelajaran tidak akan bersifat verbalistik
4. Siswa  akan  dapat  melakukan  aktivitas,  karena  siswa  tidak  hanya  mendengarkan tetapi juga dapat mengamati, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
Jenis-jenis Media Pembelajaran Visual
Cukup  banyak  jenis  dan  bentuk  media  pembelajaran  visual  yang  dikenal  dewasa  ini, dari yang cukup sederhana sampai yang berteknologi tinggi, dari yang mudah dan sudah ada secara  natural  sampai  kepada  media  yang  harus  dirancang  sendiri  oleh  guru.  Namun  ada beberapa macam jenis media berbasis visual yang harus diterapkan karena dianggap paling tepat dalam proses kegiatan belajar mengajar, di antaranya yaitu:
a. Gambar atau Foto
Diantara media pembelajaran, media gambar atau foto merupakan media yang paling umum dipakai, karena media tersebut merupakan media yang umum, yang mudah dinikmati dan dimengerti. Oleh sebab itu, pepatah cina mengatakan bahwa “sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu kata”.Gambar yang dimaksud di sini termasuk foto, gambar, sketsa, dan lain-lain. Tujuannya yaitu untuk memvisualisasikan konsep yang ingin disampaikan kepada siswa. Gambar atau foto ini merupakan alat visual yang efektif karena dapat divisualisasikan sesuatu yang akan dijelaskan dengan lebih konkrit dan realistik. Informasi yang disampaikan dapat  dimengerti  dengan  mudah,  karena  hasil  yang  diragakan  lebih  mendekati  kenyataan, dan hasil yang diterima oleh siswa akan sama.
b. Chart atau Bagan
Bagan atau chart ialah suatu media pengajaran yang penyajiannya secara diagramatik dengan menggunakan lambang-lambang  visual,  untuk  mendapatkan  sejumlah  informasi  yang  menunjukkan perkembangan  ide,  objek,  lambang  ditinjau  dari  sudut  waktu  dan  ruang. Pesan  yang akan disampaikan biasanya berupa ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau hubungan-hubungan penting. Fungsinya yang pokok adalah untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Setiap  guru  harus  mengetahui  mana  media  pembelajaran  yang  dapat  mencapai  hasil  yang paling  baik  dalam  situasi  pembelajaran  yang  diharapkannya.  Dengan  demikian,  setiap  guru  harus selalu memperhatikan rambu-rambu yang terdapat dalam media yang digunakan. Sehubungan dengan hal  tersebut,  maka  dalam  memanfaatkan  media  chart  atau  bagan  sebagai  media  yang  baik,  maka harus  memperhatiakan  hal-hal  sebagai  berikut:  (1)  Dapat  dimengerti  anak,  (3)  Sederhana  dan lugas,  tidak  rumit  atau  berbelit-belit,  (4)  Diganti  pada  waktu-waktu  tertentu,  agar  selain tetap termasa juga tidak kehilangan daya tarik.
c. Grafik
Grafik merupakan gambar sederhana yang disusun menurut prinsip matematik, dengan menggunakan data berupa angka-angka. Grafik mengandung ide-ide, objek dan hal-hal yang dinyatakan dengan simbol dan disertai dengan keterangan-keterangan secara singkat. Fungsi grafik adalah untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan suatu objek atau peristiwa yang saling berhubungan secara jelas dan singkat.
d. Peta dan Globe
Peta  disebut  juga  kartogram,  yang  melukiskan  keadaan  hubungan  dengan  tempat kejadiannya.  Pada  dasarnya  peta  dan  globe  befungsi  untuk  menyajikan  data-data  lokasi. Secara khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang: keadaan permukaan bumi, tempat-tempat serta arah dan jarak, data-data budaya kemasyarakatan dan data-data ekonomi. Peta  dan  globe  berguna  sekali  bagi  pendidik  untuk  menjelaskan  pelajaran  seperti sejarah dan ilmu bumi. Peta dapat juga dibuat bukan dalam bentuk gambar atau skema saja, tetapi dalam bentuk miniatur, itu dapat dibuat sendiri oleh siswa secara bersama-sama.
Prinsip-prinsip Penggunaan Media Pembelajaran Visual
Ketika suatu media akan dipilih, ketika suatu media akan dipergunakan, ketika itulah beberapa prinsip perlu guru perhatikan dan pertimbangkan. Ada beberapa prinsip umum yang perlu diketahui guru untuk penggunaan efektif media berbasis visual di antaranya yaitu:
a. Usahakan visual itu sederhana
b. Visual  digunakan  untuk  menekankan  informasi  sasaran  (yang  terdapat  teks)  sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik
c. Gunakan grafik untuk menggambarkan ikhtisar keseluruhan materi sebelum menyajikan unit demi unit pelajaran untuk digunakan oleh siswa mengorganisasikan informasi
d. Ulangi sajian visual dan libatkan siswa untuk meningkatkan daya ingat 
e. Gunakan gambar untuk melukiskan perbedaan konsep-konsep
Kriteria Pemilihan Media Visual
Ada  beberapa  hal  yang  harus  diperhatikan  dalam  memilih  media,  antara  lain: kesesuaian  media  tersebut  dengan  tujuan  pengajaran  yang  telah  dirumuskan,  kesesuaianya dengan  tingkat  kemampuan  siswa,  tersedianya  sumber  belajar  sebagai  sarana  pendukung keberhasilan  belajar  mengajar,  tersedianya  dana  yang  memadai,  dan  kesesuaianya  dengan tehnik yang dipakai. Oleh sebab itu, beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan yaitu:
a.  Media  yang  dipilih  hendaknya  selaras  dan  menunjang  tujuan  pembelajaran  yang  telah ditetapkan.  Masalah  tujuan pembelajaran  ini  merupakan  komponen  yang  utama  yang harus diperhatikan dalam memilih media,
b.  Aspek  materi  menjadi  pertimbangan  yang  dianggap  penting  dalam  memilih  media. Sesuai atau tidaknya antara materi dengan media yang digunakan akan berdampak pada hasil pembelajaran siswa,
c.  Kondisi  siswa  dari  segi  subjek  belajar  menjadi  perhatian  yang  serius  bagi  guru  dalam pemilihan media yang sesuai dengan kondisi anak. Faktor umur, intelegensi, budaya, dan lingkungan  anak  menjadi  titik  perhatian  dan  pertimbangan  dalam  memilih  media 
pengajaran,

0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter