Minggu, 29 September 2019

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PAI KELAS II SD NEGERI NGRINGIN DEPOK SLEMAN penulis Wisnu Bayu Aji, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan


Ada banyak media pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah pembelajaran dengan multimedia. Penggunaan multimedia dapat membantu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas, pembelajaran dengan menggunakan aplikasi presentasi seperti multimedia berbasis komputer yang menggabungkan berbagai jenis media ke dalam suatu paket presentasi akan menarik perhatian dan minat belajar siswa. Dengan memanfaatkan media, guru dapat menyajikan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan, terutama dengan memanfaatkan media berbasis teknologi seperti pembelajaran komputer.
Proses pembelajaran mata pelajaran PAI kelas II SD Negeri Ngringin Depok Sleman yang mengalami kendala dalam menyampaikan materi khususnya pokok bahasan sifat-sifat terpuji dan materi berwudhu. Dalam materi sifat-sifat terpuji yang terdiri dari sifat jujur, sabar, amanah, dan rendah hati guru mengalami kendala dalam menjelaskan sifat-sifat tersebut dikarenakan siswa belum dapat berpikir secara abstrak, sedangkan untuk materi berwudhu guru kesulitan menyampaikan materi dikarenakan materi berwudhu seharusnya diajarkan dengan metode praktek namun karena keterbatasan fasilitas dan sarana hal tersebut tidak dapat dilaksanakan. Di samping itu masih kurangnya atau terbatasnya sumber belajar seperti media pembelajaran, modul, alat peraga, permainan edukatif menjadi kendala dalam proses pembelajaran di kelas sehingga penyampaian materi tidak dapat tersampaikan secara maksimal. 
Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama islam  dengan pokok bahasan Sifat-sifat Terpuji dan Berwudhu. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini pembuatannya menggunakan software adobe flash CS 3 yang telah selesai dikembangkan dan proses pembuatannya dilaksanakan secara bertahap. Multimedia yang dikembangkan bagi siswa kelas II ini menggunakan multimedia pembelajaran interaktif yang berisi gambar-gambar dan animasi yang berkaitan dengan pendukung materi sifat-sifat terpuji dan berwudhu yang selama ini dianggap siswa sulit karena bersifat abstrak. Selain itu juga dilengkapi animasi yang dapat memberikan pemahaman sesuai daya pikir siswa, karena penelitian menekankan pada tahap operasional konkret yaitu pada usia anak 7 atau 8 - 11 atau 12 tahun. Pada usia tersebut anak sudah mulai menggunakan aturan-aturan yang jelas dan logis.
Sebagian besar siswa terlihat antusias dalam menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan memperhatikan penjelasan materi dalam multimedia. Pada saat uji coba pelaksanaan berlangsung siswa merasa senang dan tertarik dengan adanya multimedia pembelajaran ini, karena belum pernah diterapkan jenis media berbasis komputer. Hal positif yang terlihat siswa pada saat proses pembelajaran menggunakan multimedia ini adalah siswa aktif dan fokus terhadap materi yang disampaiakan. Rasa ingin tahu mereka bertambah sehingga mereka nampak bersemangat dalam belajar. Namun terdapat sedikit kendala pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kendala yang dialami adalah keterbatasan laptop untuk penggunaan multimedia, sehingga dibentuklah kelompok yang terdiri 5 siswa kemudian siswa bergantian untuk mengoperasikan multimedia. Program multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PAI khususnya pokok bahasan Sifat-sifat terpuji dan Berwudhu diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa yang menarik, efektif, dan efisien. Program multimedia pembelajaran ini hendaknya dapat menjadi motivasi bagi guru untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran lain


0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter