Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching & Learning/CTL) merupakan
konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai
anggota keluarga dan masyarakat.
CTL adalah sebuah sistem menyeluruh yang menyerupai cara
kerja alam bekerja. Landasan filosofi CTL adalah
konstruktivisme, yaitu filosofi belajar yang menekankan bahwa belajar tidak hanya
sekedar menghapal.
Dalam pengajaran kontekstual memungkinkan terjadinya lima bentuk belajar
yang penting, yaitu mengaitkan (relating), mengalami (experiencing), menerapkan
(applying), bekerjasama (cooperating) dan mentransfer (transferring). Menurut Depdiknas
untuk penerapannya, pendekatan kontektual (CTL) memiliki tujuah komponen utama, yaitu konstruktivisme (constructivism), menemukan (Inquiry), bertanya (Questioning),
masyarakat-belajar (Learning Community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan
penilaian yang sebenarnya (Authentic).
Minggu, 29 September 2019
Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran PAI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar