Inovasi
Pembelajaran PAI di Sekolah
Pada
Era Disruptive Innovation
A. Pengertian Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam
Pembelajaran
merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen-komponen yang saling
berkaitan satu dengan lainnya. Komponen yang dimaksud adalah berupa tujuan,
materi, metode dan evaluasi.
Kegiatan
pembelajaran bertumpu pada 2 (dua) proses utama: pertama, bagaimana orang melakukan perubahan
tingkah laku melalui kegiatan belajar. Kedua, bagaimana orang melakukan
penyampaian ilmu pengetahuan melalui pembelajaran.
Sedangkan
yang dimaksud dengan pembelajaran pendidikan agama Islam adalah suatu interaksi
yang dilakukan pendidik dan peserta didik yang kemudian dapat meningkatkan
potensi spiritual serta membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa.
B. Tantangan dan Inovasi Pembelajaran
PAI Di Era Disrupsi
Dunia saat
ini memasuki era revolusi industri 4.0, yang ditandai dengan masifnya
perkembangan pola digital economy, artificial intelligence, big
data, robotic, dan yang paling mengagetkan adalah fenomena disruptive
innovation
Discruptive
innovation menghadirkan banyak sekali inovasi, akan tetapi hal ini sangat
potensial menghancurkan sistem yang sudah berjalan. Sebagai contoh sederhana
korban lahirnya disruptive innovation ini, sudah banyak toko retail yang
mulai gulung tikar karena hadirnya e-commorce, taksi konvensional yang
kehilangan sebagian besar pendapatannya karena hadirnya layanan transportasi online.
Dalam dunia
pendidikan, contoh fenomena discruptive innovation diantaranya:
1. Siswa lebih menyenangi informasi yang berbasis visual (you tube,
games online) dari pada melalui narasi dan teks-teks yang berbentuk buku
cetak atau mendengar ceramah guru.
2. Siswa dengan mudah mendapatkan informasi tanpa harus pergi ke
perpustakan konvensional.
3. Siswa lebih nyaman untuk belajar secara kolaboratif (di dalam
praktik nyata ataupun secara peer to peer melalui social learning
platfrom).
Melihat
fenomena-fenomena di atas, Hadirnya teknologi informasi justru membuat pembelajaran
PAI terkesan tertinggal dengan mata pelajaran dan disiplin ilmu lain. Upaya
yang harus dilakukan untuk mengoptimalasi pembelajaran PAI di sekolah/madrasah dalam
menghadapi era discruptive innovation. Diantaranya:
a. Perubahan orientasi pembelajaran, perubahan paradigma
pembelajaran PAI yang bukan hanya terbatas pada orientasi kognitif semata, tapi
juga ranah psikomotor, afeksi dan yang paling mendesak saat ini adalah aspek
sikap dan prilaku keberagamaan..
b. Pengembangan alternatif pembelajaran PAI, Pembelajaran PAI di
sekolah/madrasah harus dikembangkan dan diinovasi sedemikian rupa, sehingga
pembelajaran PAI menjadi up to date dan menarik minat para siswa.
0 komentar:
Posting Komentar