Minggu, 29 September 2019

Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI di Madrasah

   Pendekatan scientific berasal dari dua kata pendekatan dan science bahasa 
Inggris yang berarti pengorganisasian pengetahuan melalui observasi dan 
test terhadap fakta atau realita.6
Henry van Laer (1995) menyamakan atau 
mensejajarkan science (Inggris) dengan scientia yang berasal dari istilah latin 
yang berarti mengetahui.
 Lebih lanjut Agung Rokimawan mengungkapkan 
bahwa istilah sain dan saintifik yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia 
tersebut merupakan dua istilah yang dapat dipakai secara bersama dengan analogi 
yang sama. Ia menjelaskan bahwa sain dapat dilihat dari pengertian subjektif 
dan objektif. 
 Pendekatan ilmiah yang direkomendasikan oleh pemerintah melalui 
penerapan kurikulum 2013 lebih mengarah kepada pengembangan seluruh 
kompetensi siswa yang terdiri dari sikap, pengetahuan dan keterampilan melalui 
langkah-langkah yang sistematis guna mencari kebenaran yang dapat dibuktikan 
secara objektif.
1. Proses pembelajaran harus bersifat yang logis, berbasis pada fakta, data atau 
fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika/penalaran tertentu; bukan 
sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
2. Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas 
dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang 
menyimpang dari alur berpikir logis.
3. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan 
tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan 
mengaplikasikan materi pembelajaran. 
4. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam 
melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi 
pembelajaran.
5. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan 
mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon 
materi pembelajaran.
6. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertang-
gungjawabkan.
7. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun 
menarik sistem penyajiannya.
pendekatan ilmiah atau saintifik 
melalui serangkain rangkaian langkah mengamati, menanya, mencoba, menalar 
atau mengasosiasi dan mengomunikasikan.

Implementasi Pendekatan Saintifik dalam 
Pembelajaran PAI
Pertama, pendekatan saintifik merupakan langkah sistematis layaknya ahli ilmu 
pengetahuan untuk menemukan jawaban obyektif dari tema atau materi yang 
dipelajari peserta didik. Pendekatan ini tidak dimasudkan untuk mereduksisumber kebenaran yang berasal dari wahyu yang bersifat dogmatis dan perspektif 
ke dalam kebenaran yang bersifat logis ilmiah
Kedua, pentingnya pengintegrasian tema yang kebenaraanya bersifat dogmatis 
dan tema yang kebenaranya bersifat ilmiah murni.
Ketiga, perlunya pendiskripsian ulang tentang standar kompetensi yang 
ingin dicapai pada mata pelajaran PAI di madrasah.
Keempat, perlunya kreativitas dan inovasi pendidik dalam mengembagkan 
proses pembelajaran yang ada, utamanya pada scenario pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter