Minggu, 29 September 2019

INOVASI PEMBELAJARAN PAI
BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES

  
      Teori multiple intelligences (kecerdasan majemuk) artinya seseorang mempunyai kecerdasan yang berbeda. Menurt teori ini Ada 9 kecerdasan: (1) kecerdasan liguistic, (2) kecerdasan logis-matematic, (3) kecerdasan visual-spasial, (4) kecerdasan kinestatik, (5) kecerdasan musik, (6) kecerdasan interpersonal, (7) kecerdasan intrapersonal, (8) kecerdasan naturalis, (9) kecerdasan eksistensialis.
 Pembelajaran berbasis multiple intelligences (MI) merupakan suatu bentuk inovasi pembelajaran yang dapat menjadi pilihan bagi guru. Pengimplementasian pembelajaran berbasis MI berarti menggunakan pendekatan interdisipliner dalam mengembangkan materi pembelajaran. Menggunakan multi model pembelajaran, penilaian autentik dan evaluasi bertujuan untuk mengetahui keberagaman kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik.
     Prinsip dalam teori MI adalah bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda dan kecerdasan apa yang dimiliki oleh anak tersebut. Penerapan teori MI dalam ranah pendidikan lebih tepat disebut sebagai strategi pembelajaran untuk materi apapun dalam semua mata pelajaran. Jadi pada materi yang akan disampaikan dikombinasikan dengan kecerdasan MI tersebut, contoh sholat = kinestetik, mawaris = logis-matematic, jadi guru tidak hanya menggunakan satu model saja akan tetapi bisa menerapakan MI didalamnya.
        Secara umum seorang guru belum bisa mengembangakan cara mengajar dengan menerapkan MI, karena belum menguasai strategi belajar tersebut, jadi guru belum melihat satu-persatu kecerdasan yang dimiliki siswanya. Akan tetapi pada artikel tersebut tidak dijelaskan bagaimana agar guru bisa menguasai MI, karena pada umumnya seseorang mempunyai ilmu akan tetapi sulit untuk menggapainya.


Youtube
Instagram

0 komentar:

Posting Komentar

 

Resources

Hitstats Counter